-->

TIPS MENENTUKAN MODAL UNTUK BISNIS / USAHA ANDA

TIPS MENENTUKAN MODAL UNTUK BISNIS / USAHA ANDA

Setiap kali akan memulai usaha/bisnis, seringkali modal menjadi kendala. Modal memang diperlukan, tetapi tidak selamanya modal harus berupa uang. Jadi, mari kita mengenal "modal" lebih jauh.

Berbisnis tidak semudah membalik telapak tangan. Berbisnis, apalagi bisnis sendiri, pastinya memerlukan modal khusus. Sebelum memulai bisnis, yang harus anda ketahui adalah modal apa yang diperlukan untuk bisnis yang anda ingginkan. Modal berbisnis bisa terbagi menjadi tiga yaitu modal dana segar, modal ketrampilan dan modal jaringan media sosial (medsos). berikut penjelasannya :


Modal Usaha Segar

Modal dana segar adalah modal berupa uang tunai (cash). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkandana segar ini.


Modal sendiri.

Modal sendiri berarti anda harus menggunakan tabungan pribadi. Ini berarti anda sendiri yang akan menikmati keuntungan bila usaha itu berjalan lancar. Sebaliknya, Anda juga harus bersiap menanggung resiko sendiri pula bila usaha itu ternyata gagal.


Modal keluarga atau saudara 

Kalau keluarga atau saudara anda memiliki dana berlebih, anda bisa mengajukan pinjaman dana kepada mereka. keuntungannya adalah anda tidak dikenakan bunga pinjaman. Hanya saja, mungkin jumlah dana pinjamannya akan terbatas.


Modal patungan dengan teman

Manfaat jaringan pertemanan bila modal anda tidak/kurang mencukupi. Ajak teman anda untuk bekerjasama dalam bisnis tersebut. Untuk itu, anda harus membuat aturan jelas dalam hal pembagian keuntungan atau resikonya di awal memulai bisnis.


modal dari bank

mendapatkan modal dari bank, tentunya banyak pesyaratannya. Selain itu, bank biasanya akan memberikan dana dana bila usaha itu sudah berjalan. Jadi lebih baik ajukan modal dari bank bila usaha sudah berjalan lancar. Yang harus anda ingat, umumnya bunga pinjaman dari bank cukup besar lho.


Modal barang atau keterampilan

modal barang atau keterampilan ini berupa barang pribadi atau keterampilan diri. Contohnya, bila anda memulai usaha katering rumahan, peralatan memasak di dapur anda atau seperangkat meja dan kursi untuk pengunjung adalah termasuk modal bisnis anda. Kalau anda punya keterampilan memasak, anda bisa bekerja sama dengan teman yang bisa menyediakan dana segarnya untuk membuka sebuah kafe.

Modal Jejaring Media Sosial

zaman sekarang ini pasti ada punya akun jejaring sosial, seperti facebook, twitter, atau instagram. Nah, manfaatkan akun-akun tersebut untuk berbisnis tanpa modal. Contohnya, anda menjadi reseller barang dagangan milik teman. Bisnis ini tidak memerlukan dana segar besar, cukup dengan pulsa internet di gadget anda. Bila ada pesanan, anda cukup memberi tahu data pembeli kepada pemilik barang. pemilik barang itulah yang akan mengirimkan barang langsung ke pemesan.
Demikianlah ulasan mengenai berbagai pengertian dan sumber modal yang bisa anda gunakan untuk memulai usaha atau bisnis agar sukses dan lancar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TIPS MENENTUKAN MODAL UNTUK BISNIS / USAHA ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel