-->

MENGENAL SATUAN METRIC DAN IMPERIAL DI AUTOCAD

Satuan Autocad - Pada saat anda akan membuat blank drawing file menggunakan New maka anda akan menemukan dua pilihan yaitu metric dan imperal tentunya jika anda menemukan dua pilihan tersebut maka anda akan memilih metric, tapi apakah anda sudah tahu mengenai apa itu metric dan imperal serta perbedaan dari keduanya?
Pilihan metric dan imperal pada new file
Crtl + N
Sistem metric adalah satuan standar internasional yang paling banyak digunakan dalam sistem pengukuran oleh banyak negara di dunia, sistem ini akhirnya dipublikasikan untuk pertama kalinya pada tahun 1960 setelah menjalani proses perbaikan yang memakan waktu selama 20 tahun yang dimulai pada tahun 1948.

Sistem metric ini didasarkan bukan dari sistem Centimeter-Gram-Detik (CGS) melainkan pada Meter-Kilogram-Detik (MKS). Penetapan metric ini diambil dari kesepakan dunia internasional untuk menyetarakan dan menyamakan satuan pengukuran dan dijadikan standarisasi internasional untuk satuan jarak, massa, waktu, suhu, arus listrik, intensitas cahaya dan sebagainya.

Berikut adalah tabel daftar pembagian satuan pengukuran standart internasional yang paling banyak dipakai sebagai acuan :

NO
Besaran Pokok  
Satuan   
Singkatan
Dimensi   
1
Panjang
Meter
m
L
2
Massa
Kilogram
kg
M
3
Waktu
Sekon
s
T
4
Arus Listrik
Ampere
A
I
5
Suhu
Kelvin
K
θ
6
Intensitas Cahaya
Candela
cd
j
7
Jumlah Zat
Mole
mol
N

Dari cerita singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem satuan metric adalah sistem satuan yang telah ditetapkan dan disepakati menjadi standarisasi satuan pengukuran oleh banyak negara di dunia, tak terkecuali di indonesia sistem satuan ini juga dijadikan patokan dalam pemberian satuan ukuran. 

Sistem satuan Imperial adalah satuan imperial yang dicetuskan pada tahun 1824 dan digunakan resmi oleh seluruh kawasan imperium britania termasuk semua negara yang pernah berada dibawah kekuasaan inggris. Sampai sekarang satuan ini masih digunakan oleh amerika (USA), liberia dan myanmar adapun satuan imperial yaitu Inch, Feet dan lainnya.

Setting Satuan Imperial menjadi Satuan Metric di Autocad

Di autocad sendiri, satuan default yang digunakan yaitu satuan Imperial jadi ketika anda membuka autocad untuk pertama kali maka anda haruslah menggunakan ukuran Inch dan jika anda akan merubah kesatuan Metric yaitu Meter maka anda harus merubahnya terlebih dahulu menggunakan perintah Units.

Jika anda mengingginkan agar autocad anda ketika dijalankan langsung menggunakan satuan metrik anda bisa bisa merubah satuan default autocad yang tadinya imperial menjadi metrik menggunakan sistem variabel Measureinit. Berikut cara merubah imperial menjadi metrik menggunakan sistem variabel Measureinit :
  • Ketikkan di command, Measureinit lalu tekan enter
  • Kemudian ketikkan angka 1 lalu tekan enter
  • Maka mulai sekarang autocad ketika dijalankan sudah menggunakan satuan metrik
Demikian penjelasan mengenai sistem satuan imperial dan metrik serta cara menyetting agar autocad anda berjalan menggunakan satuan metrik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENAL SATUAN METRIC DAN IMPERIAL DI AUTOCAD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel