-->

MENGENAL TOOLTIPS DAN CARA PENGATURANNYA PADA AUTOCAD

Hallo Sobat Kampus - Ada sebuah komponen user interface yang sangat membantu anda dalam mengetahui informasi dari Ikon yang ada pada AutoCAD anda, baik itu berupa nama, cara penggunaan serta keterangan dari Ikon tersebut. Yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai Tooltips dan cara pengaturannya.

Apa itu Tooltips? Tooltips adalah komponen grafis dalam user interface pengguna. Komponen ini biasanya muncul ketika pointer mouse diarahkan ke komponen atau icon perintah selama satu detik atau lebih. Tooltips berisi informasi mengenai cara menggunakan atau fungsi dari ikon atau komponen yang kamu tuju. Dibawah ini bentuk tampilan dari Tooltips.

Jadi jika anda mangaktifkan tooltips tersebut, apabila anda meletakkan pointer ke sebuah ikon maka beberapa detik kemudian akan muncul sebuah Tooltips. Ada beberapa pengaturan yang bisa anda rubah seperti berapa detik tooltips tersebut akan muncul dan sebagainya.

MENGENAL TOOLTIPS DAN CARA PENGATURANNYA PADA AUTOCAD

Berikut adalah penjelasan mengenai pengaturan tooltips AutoCAD.
Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk pengaturan Tooltips:

Melalui Kotak Dialog OPTIONS 

  • Buka kotak Options, caranya ketikkan OP lalu tekan enter atau anda klik logo autocad dipojok kiri atas lalu pilih Options di bagian bawah sebelah kanan
  • Jika kotak Options sudah terbuka silahkan anda pilih Display
  • Selanjutnya anda tinggal centang dibagian Show Tooltips

Menggunakan Sistem Variabel Tooltips

Caranya :
Ketikkan Tooltips lalu tekan enter -- maka akan muncul text "enter new value for Tooltips <1>; "  -- Silahkan anda masukan angka 0 untuk menonaktifkan Tooltips atau masukkan angka 1 untuk mengaktifkan Tooltips.


Demikian penjelasan mengenai tooltips pada autocad, karena tooltips sesuatu yang bisa dibilang penting terutama jika anda tidak tau fungsi dari ikon perintah pada toolbar autocad anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENAL TOOLTIPS DAN CARA PENGATURANNYA PADA AUTOCAD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel