-->

CARA MEMBUAT GARIS GANDA / MULTILINE DI AUTOCAD

Cara membuat garis ganda / multiline di autocad menggunakan perintah Mline - Dalam mengunakan program autocad, garis merupakan hal yang sangat sering digunakan. Adakalanya kita mengunakan garis cukup satu buah saja, atau terkadang kita juga harus membuat garis ganda dalam jumlah yang cukup banyak dan berukuran sama, katakanlah ketika kita membuat dinding saat mebuat sebuah rumah. Anda pasti akan kesulitan jika hanya menggunakan perintah line lalu anda Offside saja, maka disini perintah MLine Akan sangat membantu didalam mengatasi masalah tersebut.

Cara Menggunakan Perintah Multiline / Mline Di Autocad


MLine adalah perintah di autocad yang digunakan untuk membuat garis ganda dengan jumlah garis minimal 2 buah dan perintah ini memiliki element style dalam pembentukannya. Mline ini biasanya dipakai dalam pembuatan dinding rumah 2 dimensi, Track railway, highway atau pun gambar lainnya yang terbentuk dengan 2 bidang garis sejajar. Mline juga bisa berbentuk bidang garis solid dan terbentuknya angle di setiap akhir lintasan. Adapun wujud dari garis yang dibuat dari perintah Mline sama persis seperti perintah polyline Untuk memanggil perintah MLine dengan mengetikkan ML. 

Berikut adalah urutan cara membuat garis ganda/dobel menggunakan perintah Mline di autocad :


  • Ketik Multiline atau dengan ketik “ML” pada keyboard kemudian perhatikan dalam comment line dibagian bawah
  • Seteleh itu kita atur justificationnya dengan mengetik huruf “J” di keyboard. Kemudian akan muncul pilihan semacam ini
  • Akan muncul kotak dialog untuk memilih top/zero/bottom. Jika kita memilih top “T” atau bottom “B”, maka garis yang akan kita buat akan menempel diatas atau dibawah pada garis yang akan kita buat garis dobelnya. Tetapi jika kita ingin menempatkan garis as tepat pada tengah, maka gunakan zero dengan mengetik huruf “Z” pada keyboard.
  • Kemudian yang terakhir kita tentukan skalanya dengan mengetik “S”, kemudian kita masukkan besaran dari garis yang akan kita buat.. misal kita masukkan angka 0,15, maka akan muncul seperti gambar ini

Yang diatas adalah multiline dalam bentuk style standart, artinya default multiline yang disediakan oleh autocad adalah garis berupa 2 buah. Apabila anda inggin membuat multiline dengan jumlah garis lebih dari dua, silahkan baca tutorial berikut: (Baca juga: Cara Mengatur Offset Multiline Style Di Autocad)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MEMBUAT GARIS GANDA / MULTILINE DI AUTOCAD "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel