-->

MENGATUR CROSSHAIR MENGGUNAKAN SNAPANG DI AUTOCAD

Mengatur Crosshair - Pernahkah anda mengalami ketika anda membuka autocad crosshair dalam kondisi tidak sama dengan ucs padahal seharusnya crosshair itu mengikuti arah dari ucs yang sedang kita gunakan dan ketika anda membuat garis dengan meaktifkan ortho maka garis yang terbentuk akan mengikuti arah x dan y dari arah crosshair tersebut dan tidak mengikuti arah ucs 

Karena crosshair yang tidak lurus maka secara otomatis ketika anda membuat garis maka garis yang terbentuk tidak akan lurus seperti biasanya walaupun anda sudah mengaktifkan ortho dan tentunya hal ini akan membuat anda bingung sehingga anda berfikir untuk menginstal ulang autocad anda. 

Seperti terlihat pada gambar bahwa arah x dan y UCS kearah horisontal dan vertikal sementara arah crosshair lebih menyudut dan tidak sesuai dengan arah dari ucs tersebut.

MENGATUR CROSSHAIR MENGGUNAKAN SNAPANG DI AUTOCAD


Menggunakan Snapang di Autocad 

Mungkin bagi anda yang belum mengetahui apa penyebabnya akan kebingungan jika mengalami hal demikian, tapi tenang di postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengembalikan crosshair yang berubah dan tidak sama dengan arah UCS dengan menggunakan sebuah command di autocad yaitu Snapang. 

Snapang adalah sistem variabel yang digunakan untuk mengatur sudut kemiringan dari Grid dan ketika anda memiringkan grid maka crosshair juga akan mengikuti kemiringan grid yang anda buat. 
  • Ketikkan di command: Snapang lalu tekan enter 
  • Kemudian masukkan besar sudut putar 
  • Terakhir tekan enter Jika anda akan mengembalikan ke default / kondisi semula silahkan anda masukkan besar sudutnya 0 
Demikian penjelasan mengenai penggunaan sistem variabel snapang, sistem variabel ini digunakan untuk pekerjaan gambar yang memerlukan penggunaan Grid yang memiliki sudut kemiringan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGATUR CROSSHAIR MENGGUNAKAN SNAPANG DI AUTOCAD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel