-->

CARA MENGGUNAKAN OSNAP DI AUTOCAD

CARA MENGGUNAKAN OSNAP DI AUTOCAD

Panduan cara menggunakan Osnap / Objek snap di Autocad - Pada artikel sebelumnya sudah saya membahas mengenai (baca: pengertian dan macam-macam osnap di Autocad) yang bisa Anda pergunakan. Osnap adalah alat bantu untuk memepermudah kita dalam menentukan titik tertentu dari suatu objek, misalnya kita menginginkan memilih center / titik tengah dari sebuah lingkaran, tanpa adanya osnap maka kita harus membuat garis bantu dulu yaitu membuat garis yang memotong lingkaran tersebut sedangkan jika anda menggunakan osnap maka anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

Cara setting Objek Snap / OSNAP Di Autocad

Command = Osnap (OS)

Untuk menggunakan Osnap, sebaiknya Anda memilih jenis Osnap yang nantinya akan digunakan atau Osnap yang memang Anda perlukan. Jadi anda tidak usah memilih Osnap yang tidak diperlukan, karena hal tersebut akan mengganggu Anda nantinya. Berikut adalah cara memilih jeniis Objek Snap yang akan digunakan :
  • Ketikkan pada kotak perintah, OSNAP lalu tekan enter
  • Maka Akan muncul kotak Drafting Setting (lihat pada gambar)
  • Silahkan Anda klik Clear All, selanjutnya silahkan Anda centang Osnap mana yang nantinya bakal diperlukan (contoh Pada gambar merupakan osnap yang wajib saya nyalakan di Autocad)
  • Kemudian Klik OK


Cara mengaktifkan / menonaktifkan Objek Snap / OSNAP Di Autocad

Setelah Anda pilih Osnap yang diperlukan, selanjutnya adalah mengaktifkan Osnapnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan Osnap :
Cara 1 : Menekan tombol F3 (untuk mengaktifkan osnap pada objek dua dimensi), Menekan F4 (untuk mengaktifkan osnap pada objek tiga dimensi)

Cara 2 : Dengan mengklik Ikon Objek Snap dibawah command lines.

Cara mengaktifkan / menonaktifkan Objek Snap / OSNAP Di Autocad

Cara 3 : Melalui kotak Drafting setting, Silahkan klik centang pada "object snap On (F3)"


Tambahan : 
  • Untuk mengecheck apakah osnap sedang dalam kondisi On atau Off, silahkan lihat ikon pada cara 2, apabila menyala berarti On dan apabila tidak menyala berarti sedang Off
  • 3D Osnap hanya terdapat pada Autocad versi 2012 ke atas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGGUNAKAN OSNAP DI AUTOCAD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel