-->

CARA LENGKAP MEMBUAT GARIS DI AUTOCAD

CARA LENGKAP MEMBUAT GARIS DI AUTOCAD

Cara Lengkap membuat garis di Autocad – Agar bisa menggunakan software autocad tanpa mengikuti perndidikan formal yang membutuhkan biaya tidak murah itu bukanlah sesuatu yang mustahil, karena Anda dapat mempelajarinya melalui media online yang membagikan ilmunya secara gratis. Salahsatu contohnya adalah blog Kampus CAD ini, yang akan memberikan anda tutorial agar anda bisa menggunakan Autocad, 

Baca juga "Panduan mahir Autocad"

Selain memberikan tutorial dan tips autocad, kampus cad juga menyediakan kotak Ajukan Pertanyaan yang bisa anda gunakan untuk menyampaikan berbagai pertanyaan seputar autocad dan Anda juga boleh menyampaikan kritik maupun saran jika konten yang disajikan terdapat kekeliruan maupun salah pengetikan, karena admin juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Kuncinya adalah saling berbagi dan saling belajar.

Kembali ke materi mengenai cara membuat garis. Awal berlajar autocad, perintah yang harus dan wajib Anda pelajari terlebih dahulu adalah perintah untuk membuat garis, karena ketika bermain autocad itu sama saja kita sedang bermain dengan garis-garis dengan berbagai bentuk. Tapi sebelum kita bahasa lebih jauh tentang membuat garis, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dalam garis di autocad.

Mengenal Jenis-jenis garis Di Autocad

Menurut bentuk dalam proses pembuatannya, garis di autocad dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
  • Single Line
Garis yang pertama adalah garis yang memiliki satu segmen saja. Untuk membuat garis single line menggunakan perintah line (L).
  • Polyline
Garis yang selanjutnya adalah polyline. Berlawanan dengan single line, dimana garis ini adalah garis yang memiliki segmen minimal dua sampai tak terhingga yang merupakan satu kesatuan. Perintah yang dapat diguakan untuk membuat polyline ada banyak, antara lain : Polyline (PL), Rectangle (REC), Poligon (POL), Circle (c) dan sebagainya.
  • Multiline
Garis multiline / Garis ganda adalah garis polyline yang berjumlah lebih dari satu, dimana setiap garisnya merupakan satu kesatuan. Perintah yang digunakan untuk membuat garis ganda adalah Multiline (ML).

Itulah 3 jenis garis di Autocad, untuk lebih memperjelas mengenai perbedaan dari ketiga jenis garis tersebut, mari kita bahas dengan melihat gambar di atas (lihat gambar ilustrasi). 

Keterangan Gambar : 
  1. Gambar pertama merupakan jenis Single Line, saya buat dengan dua warna yang berbeda karena untuk menunjukan bahwa line hanya mempunyai satu segmen garis saja. Apabila dua lline digabungkan menjadi seperti pada gambar, maka objek akan tetap menjadi objek garis yang berbeda. Untuk mengecek apakah garis tersebut merupakan single line, dapat Anda lihat dengan melihat keterangan pada kotak keterangan yang muncul ketika crosshair/mouse Anda sentuhkan ke objek garis tersebut.
  2. Gambar kedua adalah polyline, garis ini adalah garis yang dibuat menggunakan perintah polyline dimana grarisnya merupakan satu kesatuan meski berjumlah lebih dari satu segmen. Dengan syarat setiap segmen garis saling berhubungan.
  3. Gambar ketiga merupakan multiline, garis ini adalah gabungan dari beberapa polyline yang menjadi satu kesatuan. untuk membuat garus ini menggunakan perintah multiline.
Sekian dulu pembahasan mengenai cara lengkap membuat garis. pembahasan menganai akan dibahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya. Jadi selalu ikuti Kampus CAD.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA LENGKAP MEMBUAT GARIS DI AUTOCAD "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel