CARA MEMUTAR OBJEK GAMBAR 2 DIMENSI DI AUTOCAD
March 01, 2016
Edit
Cara memutar objek 2 dimensi di Autocad Menggunakan Rotate - Hallo sobat KampusCAD, kali ini saya akan membahas penggunaan perintah dasar yang harus dikuasai oleh pengguna autocad karena perintah ini merupakan salahsatu perintah yang paling sering digunakan untuk proses editing gambar. Perintah pada autocad yang akan saya bahas adalah Rotate, meskipun sudah banyak bertebaran cara menggunakan perintah rotate di autocad tetapi saya akan menjelaskan secara lebih mendalam yaitu beberapa opsi tambahan yang bisa anda gunakan utuk mengoptimalkan penggunanan perintah rotate di autocad.
Menggunakan perintah Rotate di autocad
Perintah rotate adalah perintah yang digunakan untuk memutar objek dengan titik putar dari basepoint yang anda tentukan sebelumnya dan perintah ini hanya dapat memutar objek 2 dimensi yaitu objek yang berada pada bidang x dan y. Perlu anda inggat bahwa apabila anda memasukkan besar sudut positif (+) maka objek berputar berlawanan arah jarum jam dan apabila anda memasukkan sudut negatif (-) maka objek akan berputar berlawanan arah jarum jam. Perintah rotate ini memiliki 2 metode penggunaan berikut penjelasanya :
Rotation Angle
Yang pertama adalah metode rotation angle, metode ini merupakan metode default dan paling sering digunakan. Cara penggunaanya yaitu menentukan titik / poros putar kemudian menentukan besar sudut putar, berikut urutannya :
- Buatlah sebuah objek yang akan diputar menggunakan perintah rortate, misalnya buatlah persegi
- Ketikkan RO lalu tekan enter
- Kemudian klik persegi yang sudah anda buat lalu enter
- Silahkan klik titik putar / basepoint, misalnya klik pada sudut bagian bawah persegi
- Ketikkan sudut putar, misal 45 lalu tekan enter
- Maka persegi berputar 45 derajat arahnya berlawanan arah jarum jam
Reference
Yang pertama adalah metode reference, metode ini merupakan metode yang bisa anda gunakan dengan menentukan titik / objek referensi atau acuan utnuk besar sudut putarnya. Metode ini digunakan jika anda akan memutar objek tanpa mengetahui besar sudut yang akan digunakan. Berikut penerapannya :
- Buatlah persegi menggunakan perintah rectangle
- Ketikkan Ro lalu tekan entter
- Klik objek yang sudah anda buat lalu enter
- ketikkan R lalu tekan enter dan silahkan anda klik basepoint
- Berikutnya buatlah sudut awal referensi, silahkan klik basepoint lalu klik referensipoint pertama
- Terakhir, silahkan anda klik referencepoint kedua.
- Maka objek sudah berputar dengan sudut sesuai dengan sudut yang terbentuk dari referensi 1 dan referensi 2 (lihat pada gambar)